Sebelum memasuki tantangan hari ke 3 saya sampaikan hasil pengamatan saya dan suami terhadap anak-anak, berikut laporannya:
Kendala tipe belajar model visual:
Tidak suka berbicara di depan kelompok dan tidak suka mendengarkan orang lain
Tahu apa yang harus dikatakan tapi tak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata
Ditandai dengan sering terlambat menyalin pelajaran di papan tulis dan tulisan tangan berantakan
Sering lupa jika harus menyampaikan pesan secara verbal kepada orang lain
Biasanya, kurang mampu mengingat informasi yang diberikan secara lisan
Gaya belajar visual merupakan cara belajar di mana ide, konsep, dan data atau informasi lain ditangkap dan diproses melalui gambar visual dan teknik-teknik.
Menurut D. Clark, penulis buku 'Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles' (VAK), gaya belajar visual dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu visual-linguistic learner yang menyukai belajar melalui tulis-menulis.
Satu lagi visual-spatial learner yang kadang memiliki masalah untuk belajar melalui tulisan namun lebih memilih dalam menggunakan tabel, grafik, demonstrasi video, dan materi visual lainnya.
Ciri-ciri Anak Visual:
Ketika belajar, anak dengan gaya belajar visual memiliki beberapa kebiasaan, di antaranya adalah membaca informasi dengan sangat cepat, serta membutuhkan suasana yang tenang ketika belajar.
Menurut Shannon Hutton, dalam artikelnya yang berjudul 'Helping Visual Learners Succeed', seperti ditulis Senin (7/3/2011) anak visual umumnya selalu memusatkan fokusnya pada guru yang mengajar dengan duduk di barisan paling depan di kelasnya, serta mengamati pengajaran dari guru dengan seksama.
Anak tipe ini akan sangat mudah memahami informasi ketika diajarkan dengan menggunakan peta, gambar, skema, tabel atau bahkan siklus. Anak dengan gaya belajar visual cenderung rapi dan terorganisasi, serta teliti dalam menangkap informasi secara mendetail.
Dikutip dari situs prudentschool.sch.id
Keterangan
|
Annisa
|
Hanif
|
Catatan
|
kebutuhan
melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau
memahaminya
|
✓
|
✓
|
Annisa ceklis Visual lebih banyak...
|
memiliki
kepekaan yang kuat terhadap warna
|
✓
|
✓
| |
memiliki
pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik
|
✓
|
✓
| |
memiliki
kesulitan dalam berdialog secara langsung
|
✓
|
_
| |
terlalu
reaktif terhadap suara
|
✓
|
_
| |
sulit
mengikuti anjuran secara lisan
|
_
|
_
| |
seringkali
salah menginterpretasikan kata atau ucapan
|
_
|
_
| |
Cenderung
melihat sikap, gerakan, dan bibir guru yang sedang mengajar
|
✓
|
✓
| |
Bukan
pendengar yang baik saat berkomunikasi
|
✓
|
_
| |
Saat
mendapat petunjuk untuk melakukan sesuatu, biasanya akan melihat teman-teman
lainnya baru kemudian dia sendiri yang bertindak
|
✓
|
✓
| |
Tak
suka bicara didepan kelompok dan tak suka pula mendengarkan orang lain.
Terlihat pasif dalam kegiatan diskusi
|
✓
|
✓
| |
Kurang
mampu mengingat informasi yang diberikan secara lisan
|
✓
|
✓
| |
Lebih suka peragaan daripada penjelasan
lisan
|
✓
|
✓
| |
Dapat
duduk tenang ditengah situasi yang rebut dan ramai tanpa terganggu
|
_
|
_
| |
Total
Ceklis
|
11
|
8
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar