Jumat, 08 September 2017

Belajar Memahami Pola Belajar Day2


Edisi : Memahami Gaya Belajar Visual

“Didiklah anak-anakmu,
karena mereka akan hidup pada zaman
yang berbeda dengan zamanmu,”


Pesan Khalifah Kedua Umat Islam, Umar bin Khaththab diatas adalah pesan yang sungguh sangat singkat dan mudah diingat namun terasa sulit untuk diaplikasikan. Karena para orangtua tidak bisa hanya mendidik secara feeling dan mengalir begitu saja. Perlu mendalami berbagai ilmu tentang perkembangan anak-anak dan yang terpenting koneksi kita kepada Sang Pemilik anak selalu terhubung dengan baik.

        Tantangan kedua adalah menganalisi, mengamati dan mendefinisikan Gaya Belajar Visual. Apa dan bagaimana gaya belajar visual itu. Apakah Hanif dan Annisa dominannya visul? Mari kita cari definisi Visual yang sebenarnya dulu. (Biar saya benar-benar paham juga hehe..)
Saya mengutip dari situs belajarpsikologi.com definisi Gaya belajar Visual:


VISUAL (Visual Learners)

Gaya Belajar Visual (Visual Learners) menitikberatkan pada ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham Gaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu buktinya untuk kemudian bisa mempercayainya. Ada beberapa karakteristik yang khas bagai orang-orang yang menyukai gaya belajar visual ini.
  
Keterangan
Annisa
Hanif
Catatan
kebutuhan melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau memahaminya







memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna



memiliki pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik



memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung



terlalu reaktif terhadap suara



sulit mengikuti anjuran secara lisan



seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan



Cenderung melihat sikap, gerakan, dan bibir guru yang sedang mengajar



Bukan pendengar yang baik saat berkomunikasi




Saat mendapat petunjuk untuk melakukan sesuatu, biasanya akan melihat teman-teman lainnya baru kemudian dia sendiri yang bertindak




Tak suka bicara didepan kelompok dan tak suka pula mendengarkan orang lain. Terlihat pasif dalam kegiatan diskusi



Kurang mampu mengingat informasi yang diberikan secara lisan




 Lebih suka peragaan daripada penjelasan lisan




Dapat duduk tenang ditengah situasi yang rebut dan ramai tanpa terganggu




Total Ceklis




☘ Visual : modalitas ini mengakses citra visual, warna, gambar, catatan, tabel diagram, grafik,
serta peta pikiran, dan hal-hal lain yang terkait.


Bismillah saatnya mengamati!
Bontang, September 8, 2017

 #Day2
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#IIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar