Edisi : Memahami Gaya Belajar Visual
“Didiklah
anak-anakmu,
karena mereka akan
hidup pada zaman
yang berbeda dengan
zamanmu,”
Pesan
Khalifah Kedua Umat Islam, Umar bin Khaththab diatas adalah pesan yang sungguh sangat
singkat dan mudah diingat namun terasa sulit untuk diaplikasikan. Karena para orangtua
tidak bisa hanya mendidik secara feeling dan
mengalir begitu saja. Perlu mendalami berbagai ilmu tentang perkembangan anak-anak
dan yang terpenting koneksi kita kepada Sang Pemilik anak selalu terhubung
dengan baik.
Tantangan kedua adalah menganalisi,
mengamati dan mendefinisikan Gaya
Belajar Visual. Apa dan bagaimana gaya belajar visual itu. Apakah Hanif dan
Annisa dominannya visul? Mari kita cari definisi Visual yang sebenarnya dulu.
(Biar saya benar-benar paham juga hehe..)
Saya mengutip dari situs belajarpsikologi.com
definisi Gaya belajar Visual:
VISUAL
(Visual Learners)
Gaya Belajar Visual (Visual
Learners) menitikberatkan pada ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-bukti
konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham Gaya belajar
seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu buktinya untuk kemudian
bisa mempercayainya. Ada beberapa karakteristik yang khas bagai orang-orang
yang menyukai gaya belajar visual ini.
Keterangan
|
Annisa
|
Hanif
|
Catatan
|
kebutuhan
melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau
memahaminya
|
|||
memiliki
kepekaan yang kuat terhadap warna
|
|||
memiliki
pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik
|
|||
memiliki
kesulitan dalam berdialog secara langsung
|
|||
terlalu
reaktif terhadap suara
|
|||
sulit
mengikuti anjuran secara lisan
|
|||
seringkali
salah menginterpretasikan kata atau ucapan
|
|||
Cenderung
melihat sikap, gerakan, dan bibir guru yang sedang mengajar
|
|||
Bukan
pendengar yang baik saat berkomunikasi
|
|||
Saat
mendapat petunjuk untuk melakukan sesuatu, biasanya akan melihat teman-teman
lainnya baru kemudian dia sendiri yang bertindak
|
|||
Tak
suka bicara didepan kelompok dan tak suka pula mendengarkan orang lain.
Terlihat pasif dalam kegiatan diskusi
|
|||
Kurang
mampu mengingat informasi yang diberikan secara lisan
|
|||
Lebih suka peragaan daripada penjelasan
lisan
|
|||
Dapat
duduk tenang ditengah situasi yang rebut dan ramai tanpa terganggu
|
|||
Total
Ceklis
|
☘ Visual : modalitas
ini mengakses citra visual, warna, gambar, catatan, tabel diagram, grafik,
serta peta pikiran,
dan hal-hal lain yang terkait.
Bismillah saatnya
mengamati!
Bontang, September 8,
2017
#Day2
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang
#IbuProfesional
#IIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar