Jumat, 13 Oktober 2017

Mengenal Kota Bontang


Menikmati alam yang indah, udara yang segar dan suasana jalanan yang nyaman. Itulah yang membuat kami semakin kerasan tinggal di kota ini. Kota Bontang berjarak sekitar 120 kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan darat dari Kota Samarinda ibu kota Kalimantan Timur.

dikutip dari wikipedia, sebenarnya perbendaharaan asli Kalimantan, tidak dikenal kata "bontang". Menurut cerita turun-temurun, "bontang" merupakan akronim Bahasa Belanda “bond” yang berarti kumpulan atau Bahasa Inggris yang artinya ikatan persaudaraan serta “tang” dari kata pendatang. Sebutan ini diberikan karena cikal bakal kampung Bontang tidak lepas dari peran pendatang.

Ya, tak salah jika ada yang menyebut kota Bontang sebagai miniatur Indonesia. Karena segala macam suku, ras dan budaya menyatu dan hidup berdampingan di sini. Salah satu faktor alasan banyak pendatang yang mengandu nasib di kota Bontang adalah karena kota ini memiliki perusahaan-perusahaan raksasa yang dikenal di seluruh penjuru dunia.

Diantara perusahaan raksasa yang berdiri di kota Bontang, tiga diantaranya adalah, Badak NGL (gas alam), Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Urea, Amonia liquid dan Pupuk NPK) dan Indominco Mandiri (batubara). Meskipun ketiga perusahaan ini bergerak dalam bidang pengolahan hasil bumi namun tetap memperhatikan keramahan dan kelestarian lingkungan sekitar. Sehingga masih banyak hutan-hutan Kalimantan Timur yang masih terawat dan dilindungi. 

Hal ini menjadi catatan saya. Jika kita mengelola kekayaan alam dengan baik dan juga tetap merawat dan melestarikannya maka alam juga akan memberikan timbal balik luarbiasa yang akan bermanfaat untuk kehidupan kita kelak.

#ODOSfor21days
#OneDayOneStatus
#Day18
#IsuLingkungan
#BelajarMenulis
#IIPKaltimra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar