Minggu, 03 Juni 2018

Sepenggal Diskusi Bersama Ummu Aisyah yang Menginspirasi



1. Apakah background orang tua aisyah juga penghapal Quran?
Maksud saya, jika saya dan suami msh pada tahap mendekatkan diri dg Quran apa yg harus dilakukan agar kayak memiliki anak seorang hafidz/hafidzah

2. Apa visi misi pendidikan ummu aisyah terhadap anak2 ummu? 🙏 umur berapa harus bs calistung, umur brp harus bs baca hijaiyah,


Jawaban:
Dwi puji _ bontang

1) Kami suami istri background umum semua bunda...sd,smp,sma sampai dengan kuliah semua umum.bisa ngaji yang benar makhraj dan tajwid juga baru2 ini. 

Kesibukan kami :
Ayahnya adalah seorang PNS dengan segudang kesibukan yang mengharuskan saya untuk melakukan pekerjaan rumah dan mendidik anak sendiri.

Saya adalah ibu rumah tangga biasa, yang Alhamdulillah dulu pernah menjadi PNS, namun keluar krn alasan ingin mendidik anak sendiri.
Aisyah adalah penghafal Al Qur'an 'pertama' di keluarga saya maupun suami. jujur saja Aisyah ini sebagian besar waktunya adalah untuk menghafal dan murajaah AL Qur'an..
Sisanya baru untuk yang lain.
Aisyah bisa dibilang -jarang sekali- belajar untuk pelajaran di sekolahnya. Tapi Alhamdulillah berkah Al Qur'an, dia selalu menjadi ranking satu di sekolahnYa.

Saya mulai mengajar hijaiyah saat umur Aisyah masih batita, kurang lebih umur 3 tahunan yaa...hafaln surah2 pendek juga begitu, hanya saat itu tidak intens karena sy masih bekerja saat itu.

Mulai intens, ada jadwal belajar setiap hari itu saat umur 5 tahun kurang 2 bulan.

Sy ingat waktu itu dia umur 5 tahun pas, hafal juz amma. 

=====================

 Ijin bertanya ummi, semoga berkenan menjawab nggih😊

1. Keluarga saya juga tidak ada background pesantren atau ilmu agama yg intensif, bagaimana langkah awal keluarga ummi diawal2 dahulu?apakah sedari kehamilan mmg sdh diniatkan memiliki anak hafidz?seperti apa langkah yg dilakukan agar niat tetap lurus semata utk Allah ta'ala? Sampai saat ini saya punya kekhawatiran terkait pijakan awal sebagai pondasi dasar meraih hafidz/ah, mohon pencerahan

2. Bolehkah ummi share seperti apa doa yg dipanjatkan utk ananda?

3. Adakah amalan2 harian ummi?karna sungguh melahirkan anak luar biasa pasti ibadahnya juga lebih dari biasa

4. Bagaimana trik ummi memanajemen emosi utk kehidupan rt yg seringkali sulit ditaklukan saat lelah dan berlarut2, rasanya tidak ada selesai2nya?

5. Terakhir, saya bingung memulai darimana utk mengajari anak membaca Al-Quran, teknik talaqqi itu detailnya seperti apa ummi?

Maaf borongan ya ummi🙏

1. Untuk meluruskan niat, dengan berdoa umm..
Karena hati manusia lemah, untuk itu kita harus memohon bantuan kpd Yang Maha Kuat, untuk senantiasa menguatkan kita dlm keikhlasan dalam berdakwah.

 2. Doa dipanjatkan diantaranya :

-Doa nabi ibrahim untuk keturunan yang shalih

(رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ)

[Surat As-Saaffat 100]

-Doa Nabi Musa, untuk melancarkan segala urusan
قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Musa berkata, ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’[Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

Istighfar, krn cahaya ilmu tdk akan berkumpul dengan dosa-dosa. dengan istighfar InsyaaAllah dosa2 akan terkikis.

3. tidak ada amalan khusus mbak, kita usahakan saja yg wajib dikerjakan dengan sungguh, banyak berdoa, jika memungkinkan tambah dengan amalan sunnah.

4. Saat anak sekolah/ tidur usahakan semua kerjaan rumah dibereskan.

Kalo masih juga kewalahan, pekerjaan rumah tangga yang sy korbankan mbak. anak yg saya dahulukan. misal nyuci di laundry.

5. Teknik talaqqi, kita membacakan ayat, anak menirukan sedikit demi sedikit, baru kemudian digabungkan dan diulang-ulang sampai dengan hafal.

Masya Allah, semoga kita dikuatkan untuk terus diberikan keistiqomahan untuk berdekatan dengan Al-quran.

#RuangBerkaryaIbu
#Ibu Profesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar