Selasa, 27 Maret 2018

BUAYA SAKIT GIGI

TEMA: Kejujuran
Dongeng ini karangan sendiri, saya sampaikan pada anak-anak sebelum tidur.

Suatu hari buaya terlihat muram, wajahnya tampak sendu terkadang meringis. Usut punya usut ternyata buaya sedang sakit gigi. Wah… sakit gigi itu enggak enak sekali ya! Meski yang sakit hanya satu gigi tapi ngilu dan ngerinya sebadan-badan. Buaya sakit gigi karena suka sekali makan yang manis-manis tetapi suka lupa gosok gigi. Buaya hari itu hanya meminum obat Paracetamol, dan belum periksakan diri ke dokter gigi. Setelah berasa baikan, buaya bukannya ke dokter gigi untuk periksa malah pergi memenhi undangan ulang tahun Kelinci.

Merasa sudah baikan dan ga sakit lagi, buaya makan kue, permen, susu coklat yang banyak dan dia bilang sama Kelinci kalau dia enggak pernah sakit gigi. Oleh karena itu Kelinci percaya aja dan memberikan makanan manis sebanyak-banyaknya pada buaya. Setelah acara ulang tahun hampir selesai giginya kembali ngilu dan sakit. Takut ketahuan oleh kelinci, buaya segera pamit pulang.
Sampai di rumah buaya sudah tak tahan lagi, merasakan sakit padahal dia sudah meminum obat namun ternyata sakitnya tak kunjung reda. Sampai malam menjelang dan pagi hampir tiba, buaya tak kunjung tidur dia bolak-balik ke kamar mandi untuk kumur-kumur air garam. Berharap sakitnya akan reda setelag berkumur. Sampai pagi hari buaya terus berbaring di kasur, karena kelelahan menahan sakit.

Kelinci datang hendak mengajaknya bermain, namun kaget karena buaya lemas di tempat tidur. Lalu buaya cerita bahwa dia berbohong tidak pernah sakit gigi, padahal memang dia langganan sakit gigi. Kelinci membujuk buaya untuk memeriksakan gigi ke dokter. Supaya cepat ditangani rasa sakitnya, dan dokter akan memberikan obat.
Akhirnya sampai di klinik gigi, sang dokter memeriksa buaya. Ternyata gigi buaya ada yang berlubang dan penuh dengan sisa makan. Buaya dinasihati oleh dokter supaya rajin mengosok gigi dan rajin periksakan gigi minimal 6 bulan sekali, jadi jangan menunggu sakit ya.

#30DEM
#30dayemakmendongeng
#day1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar