Kamis, 13 Juli 2017

Terdepan, Terpecaya, Tumbuh Bersama….


Bismillahirahmanirahim…
 
Akhirnya memasuki games level 2 tentang Kemandirian Anak, seperti materi-materi sebelumnya, perlu beberapa jam untuk memikirkan, mengendapkan dan mengaca diri lekat-lekat . Karena materi yang saya dapatkan dari kelas IIP ini memang membuat saya sering merenung dan mengevaluasi apa yang sudah saya lakuakan, baik itu sebagai pribadi, istri dan ibu. Judul diatas adalah tagline sebuah bank swasta, buka karena saya nasabahnya tetapi  tagline sangat pas dengan materi level 2 ini. Materinya juga sama dengan nama bank tersebut, jadi saya pinjam dulu saja ya. Enggak apa-apa ya…

Dengan Kemandirian memang akan menumbuhkan kepercayaan diri anak dan membuatnya semakin terdepan. Karena dia sudah siap dengan segala tugas yang membuat hidupnya lebih mudah, tidak mengandalkan orang lain. Namun pada kenyataannya, saya masih perlu banyak belajar untuk menjadi fasilitator mereka. Agar mereka benar-benar tumbuh menjadi manusia yang terdepan tanpa menyandarkan kaki pada orang lain. Semoga bisa!! Semoga Allah SWT mudahkan… Aamiin ya rabbal’alamin.


Anak saya yang pertama:
Annisa Purnama Islamia
Cita-citanya : ingin jadi Youtuber dengan jutaan followers
Hobi :- masak dan makan
             -buat slime dan squisy
Usia : 10 tahun

Kemandirian
Pencapaian
Keterangan
Mandi Sendiri
95%
Masih harus diingatkan gosok gigi
Shalat
95%
Tetapi masih harus diingatkan
Bersih-bersih Kamar
50%
Masih harus ditingkatkan
Mencuci piring
50%
Masih harus ditingkatkan
Cuci Baju
10%
Masih harus ditingkatkan
Memisahkan baju kotor
50%
Masih harus ditingkatkan
Memasak berbagai resep
100%
Hobi masak dan makan
Rapikan mainan atau barang sesudah dipakai
50%
Masih harus ditingkatkan

Anak kedua saya:

Salman Hanif Purnama
Cita-cita : Ahli Robotik
Hobi : minum susu dan makan roti isi selai mentega
Usia : 6.6 Bln

Kemandirian
Pencapaian
Keterangan
Mandi Sendiri
50%
Masih harus diingatkan gosok gigi
Shalat
95%
Tetapi masih harus diingatkan
Bersih-bersih Kamar
50%
Masih harus ditingkatkan
Mencuci piring
50%
Masih harus ditingkatkan
Cuci Baju
10%
Masih harus ditingkatkan
Memisahkan baju kotor
10%
Masih harus ditingkatkan
Kreasi Lego menjadi berbagai bentuk
100%
Hobi main lego
Rapikan mainan atau barang sesudah dipakai
50%
Masih harus ditingkatkan




Keduanya memang tidak kembar, namun kebutuhannya hampir sama. Bismillah mulai hari ini saya akan meningkatkan lagi apa yang sudah seharusnya, karena fase mereka saat ini bukan lagi bayi. Mereka memulai fase menjadi “Pembantu” yang akan menjadikan mereka terbiasa dengan hal-hal yang berhubungan dengan kebersihan, kerapihan dan kesehatan diri sendiri dan rumah.


#Level2
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Day1Tantangan10hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar