Senin, 26 Maret 2018

Youtuber, Profesi Favorite Zaman Now



"Dalam setiap zaman, ada profesi favorit yang menjadi idaman banyak orang. Profesi favorit biasanya mempunyai aspek yang dianggap penting dan bagus, bisa berupa penghasilan  atsu gengsi sosial" 




Suatu hari saya tanya pada anak-anak sudah besar mau jadi apa?

Anak-anak kompak menjawab: Youtuber!

Saya melonggo seketika...

==========================

What is youtuber?
Why is youtuber?
What are the benefits of becoming a youtuber?

Saya mencari-cari jawaban terkait pertanyaan diatas, ternyata Youtuber adalah profesi favorit pada zaman dimana ledakan saluran digital dan media sosial sangat dahsyat, sehingga meletakkan beberapa profesi baru di dalam dunia karier.

Aktifitas Youtuber yaitu seseorang mengunggah video-video ke akun Youtube, meraih pemirsa, dan tentunya meraup keuntungan dari kunjungan. Dengan format vlog atau video blog, seorang Youtuber dapat mengunggah apapun yang ia suka, minati, dan ingin disampaikan kepada dunia.

Youtuber termuda saat ini adalah Ryan, pemilik saluran Ryan ToyReview. Bocah 6 tahun ini menawarkan konsep ulasan mainan, dari anak untuk anak. Penghasilan Ryan pun termasuk yang tertinggi di antara Youtubers belia lainnya. Diperkirakan, Ryan meraih penghasilan 11 juta dolar Amerika per tahun atau setara dengan hampir 30 ribu dolar Amerika setiap harinya! Sangat wajar, mengingat per akhir Desember 2017, saluran milik Ryan memiliki lebih dari 10 juta subscribers. Di Indonesia juga ada beberapa Youtuber cilik yang sukses diantaranya Almeyda Nayara Alzier dengan akun instagramnya @nayaslime18.

Nah dari sinilah mereka terinspirasi dan ingin juga seperti mereka. Ditunjang dengan gadget yang mudah dijangka, akhirnya mereka terbiasa dengan  aktifitas merekam, menunggah dan bahagia mendapat respon teman-teman di medsos.

Meski akhirnya saya dan suami sepakat memerikan ruang kepada anak untuk bereksplorasi menjadi seorang Youtuber atau medsos lainnya sebagai penyaluran kreativitas mereka Namun kami selalu memantau dan menegaskan batasan-batasan serta mengingatkan baik dan buruknya menggunakan  internet.

#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar