Selasa, 04 April 2017

Anak Tantrum, Mama Mengila!




Miris sekali melihat seorang ibu yang dipukuli dan dimakimaki anaknya yang baru berumur 5 tahun. Entah apa masalahnya, si anak berteriakteriak, “Mama gila…! Mama gila...!” sambil memukul-mukul dan menendang-nendang ibunya. Sang ibu juga marah dan memukul balik sang anak. Saya beranikan diri untuk bertanya  pada sang ibu, “Apa di rumah gitu juga, suka mukul?”. “Ya, tapi kalau di rumah saya kurung kalau begini”, jawabnya dengan masih tampak kemarahan di wajahnya.

Keluarga Bahagia dengan Teknik Time Out Time out adalah suatu cara untuk mengendalikan marah dan menghentikan perilaku buruk anak, dengan memberikannya kesempatan untuk menenangkan diri dan berpikir kembali atas perbuatan yang dilakukannya. Membiarkan anak melakukan perilaku buruk di depan kita itu membuat anak merasa bahwa tindakannya itu diperbolehkan bahkan didukung oleh orang tuanya (buktinya orangtua membiarkan mereka melakukan).


Berhasil melakukan time out merupakan sebuah kunci orangtua dapat lebih dipatuhi oleh anak. benar yaitu yang bisa membuat mereka mengerti, terbantu untuk akhirnya bisa dan terbiasa. Praktek mengatasi anak yang suka memukul diceritakan dalam buku Anak Saya Tidak Nakal Kok karya dr Zulaehah Hidayati (Pimred Buletin). Teknik mengatasi anak suka memukul dengan Redam amarah (R) orang tua, Empati mendengarkan (E) anak dan N (Notifikasi pembicaraan dan tindakan) pada anak serta T (Tanamkan Energi Positif) pada anak. Penggunaan teknik time out (NG) juga dibahas sebagai salah satu pilihan bila cara lain tak berhasil. Langkah-langkah tersebut perlu dipahami baik fungsi maupun caranya sehingga bisa membantu ayah bunda untuk melaksanakan pengasuhan dengan mudah dan menyenangkan.


Dalam pelaksanaannya, mengubah perilaku anak yang negatif, menjadi positif memang membutuhkan waktu. Tidak bisa orangtua berharap anak akan berhenti memukul, menggigit dan menjambak dalam hitungan hari. Setelah bisa pun, sesekali anak bisa jadi mengulang kembali. Namun, yang lebih utama dari sebuah usaha termasuk pengasuhan anak adalah prosesnya, bukan hanya berpatokan pada hasil. Kesabaran dan keistiqamahan ayah bunda juga dipelajari oleh sang anak dan suatu saat nanti mereka juga akan melakukan hal yang sama pada putra putrinya.







Pernah diterbitkan di buletin mingguan Rumah Parenting



Sumber foto: little-girl
                    Bulan-bintang Rumah Parenting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar