Selasa, 04 April 2017

Tips Berbelanja dengan Cermat, Cerdas dan Hemat


Berbelanja adalah kegiatan yang rutin kita lakukan. Entah setiap hari, tiga hari sekali bahkan setiap bulan sekali. Belanja adalah aktifitas menukar uang dengan barang yang kita butuhkan sehari-hari.

Namun saat berbelanja terkadang kita lupa diri ya Emak, karena tak punya persiapan yang matang akhirnya keliru membeli barang kebutuhan. Barang yang sangat perlu akhirnya tidak terbeli, karena kita malah membeli barang-barang yang membuat kita tertarik membelinya.

Hal ini tentu akan berdampak pada pola pengeluaran keuangan kita, yang membengkak dan sulit untuk kita kendalikan. Jika hal ini terus menerus terjadi, akhirnya pada pertengahan bulan keuangan kita akan ketar-ketir karena masih jauh ke tanggal gajihan namun keuangan sudah hampir menipis.


Berikut ini tips agar Emak bisa berbelanja dengan cermat, cerdas dan hemat:

1. Hitung dan Atur KeuanganSaat kita baru menerima gaji jangan langsung semangat belanja ya Emak tetapi sebaikanya kita hitung dan atur terlebih dahulu. 

2. Siapkan Catatan
Catat semua pengeluaran bulan itu, lalu pisahkan dengan beberapa kategori dalam sebuah amplop. Misal: Pengeluaran Penting dan Mendesak, Pengeluaran Penting Tidak Mendesak dan Pengeluaran Tidak Penting dan Tidak Mendesak.

3. Tulislah daftar belanja kita dan pastikan tetap konsisten dengan daftar belanjaan kita. Jangan dan tidak tergoda untuk melakukan pembelian di luar daftar tersebut, meskipun ada harga promo atau diskon. 

4. Bijak membeli sebuah produk, biasanya ukuran besar memiliki harga yang lebih murah juga pilihlah kemasan isi ulang yang memiliki harga jauh lebih murah

5. Hindari berlama-lama dalam berbelanja untuk menghindari godaan untuk berbelanja lebih.

6. Setelah sampai di meja kasir tetaplah fokus, jangan tergoda untuk melirik sekitar kasir karena biasanya kita akan cenderung membelinya, padahal sedang tidak membutuhkannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar