Selasa, 04 April 2017

"Pengasuh Setia" Anak bukan Gagdet



Kesibukan kita sebagai Emak setiap harinya sangat luar biasa. Baik buat Emak yang menjadi full time mom maupun Emak yang working mom sehingga waktu membersamai anak menjadi sangat terbatas. Terkadang kita mengambil jalan tengah untuk mengatasi masalah ini, yaitu memberikan anak gagdet untuk mengalihkan keinginan mereka “mengganggu” kita.

Sekilas kita tenang ya saat anak-anak bermain dengan gagdet di rumah? Sebenarnya secara tidak langsung, saat Emak tak bisa menemani secara full maka gagdet akan berubah peran menjadi “pengasuh setia” anak. Padahal sejatinya, gadget diciptakan untuk memudahkan kita dalam segala hal; bertukar pesan, menjelajah dunia maya, sampai membaca berita-berita terkini dari seluruh dunia. Bukan sebagai pengganti diri kita.



Emak, tak ada salahnya anak-anak ikut menfaatkan keberadaan gagdet, namun ketika mereka sudah menganggap gagdet sebagai pengganti orangtua, dampaknya akan sangat fatal. Apalagi saat mereka sudah kecanduan gagdet, banyak sekali efek-efek buruk yang akan terjadi.

Perlu Emak ketahui, kecanduan gagdet akan menghambat perkembangan anak dalam berbagai hal, seperti kemampuan komunikasi dan perubahan perilaku, selain itu anak-anak masih sangat rentan untuk mencontoh segala hal dari apa yang mereka lihat, baca dan mainkan.

Untuk itu, minimal Emak dituntut untuk mengedukasi tontonan dan games yang baik dan aman untuk mereka, serta memperketat kontrol gagdet time mereka. Jika hal ini terus menerus dilakukan, perlahan mereka akan semakin bisa mengatur apa yang akan mereka lakukan dengan gagdetnya.




Sumber foto: bp.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar