Selasa, 04 April 2017

Selamatkan Anak dari Para Predator



Emak, akhir-akhir ini pemberitaan TV dan media lainnya sangat memprihatikan dan mencemaskan ya? Apalagi sejak muncul berita penculikan dan kejahatan asusila yang sebagian besar menyasar anak-anak usia di bawah 13 tahun. Termasuk salah satu kasus yang bermula dari ditemukannya sebuah akun grup tertutup Facebook yang anggotanya notabene adalah predator anak. Tentu tak bisa dipungkiri, hal ini sangat mengkhawatirkan kita semua, teruama para orang tua yang memiliki anak usia SD.

Mungkin saja ada korelasinya antara kasus penculikan dan terkuaknya kasus predator anak. Misalnya, saat anak-anak tersebut diculik, para penculiknya melakukan kekerasan fisik serta seksual, bahkan tak jarang berujung pada jual beli organ tubuh anak. Mengerikan sekali!

Emak, terungkapnya kasus ini menggeramkan banyak pihak. Termasuk orangtua, masyarakat dan pemerintah. Kita telah kecolongan. Kecolongan dalam melindungi para makhluk mungil dan tak berdosa ini! dan kenyataan yang lebih mencengangkan lagi bagi kita adalah: para pelaku kekerasan ini kebanyakan adalah orang-orang yang terdekat di sekitar kita. Bahkan, sepeti yang dilansir dari liputan6.com, 90% pelaku kejahatan terhadap anak-anak adalah orang-orang yang dikenal dekat dengan korbannya. Dalam prakteknya, para pelaku selalu mendekati para korban saat orangtua mereka lengah karena menganggap anak-anaknya aman karena bersama orang yang dikenalnya.

Kasus ini dengan cepat merebak kemana-mana bagai sebuah virus yang dengan mudah menular. Membuat para orangtua menjadi khawatir, terutama bagi Emak-emak yang bekerja dan meninggalkan anaknya pada siang hari.

Lalu bagaimana mencegahnya hal ini terjadi pada anak-anak kita?

Emak, sebaiknya kita harus menjalin komunikasi rutin dengan anak, serta mewaspadai dan memperhatikan segala bentuk aktifitas mereka. Terutama saat anak berdekatan dengan orang dewasa lainnya, bukan bermaksud berburuk sangka namun mencegah hal yang tidak kita harapkan terjadi pada anak kita. Terakhir jangan lupa ya Emak, selalu berdoa memohon perlindungan dan penjagaan pada Allah SWT, agar anak-anak selalu terlindung dari hal-hal yang buruk. Aamin.






Sumber foto: shoebat.com

2 komentar:

  1. sip Maak jalin komunikasi dengan anak selalu..keep writing yaa :)* ummi aleeya

    BalasHapus