Sabtu, 09 September 2017

Belajar Memahami Pola Belajar Anak Day3

Edisi : Hasil Pengamatan Day2

Sebelum memasuki tantangan hari ke 3 saya sampaikan hasil pengamatan saya dan suami terhadap anak-anak, berikut laporannya:

Kendala tipe belajar model visual:
Tidak suka berbicara di depan kelompok dan tidak suka mendengarkan orang lain
Tahu apa yang harus dikatakan tapi tak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata
Ditandai dengan sering terlambat menyalin pelajaran di papan tulis dan tulisan tangan berantakan
Sering lupa jika harus menyampaikan pesan secara verbal kepada orang lain
Biasanya, kurang mampu mengingat informasi yang diberikan secara lisan

Gaya belajar visual merupakan cara belajar di mana ide, konsep, dan data atau informasi lain ditangkap dan diproses melalui gambar visual dan teknik-teknik.



Menurut D. Clark, penulis buku 'Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles' (VAK), gaya belajar visual dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu visual-linguistic learner yang menyukai belajar melalui tulis-menulis.

Satu lagi visual-spatial learner yang kadang memiliki masalah untuk belajar melalui tulisan namun lebih memilih dalam menggunakan tabel, grafik, demonstrasi video, dan materi visual lainnya.

Ciri-ciri Anak Visual:
Ketika belajar, anak dengan gaya belajar visual memiliki beberapa kebiasaan, di antaranya adalah membaca informasi dengan sangat cepat, serta membutuhkan suasana yang tenang ketika belajar.

Menurut Shannon Hutton, dalam artikelnya yang berjudul 'Helping Visual Learners Succeed', seperti ditulis Senin (7/3/2011) anak visual umumnya selalu memusatkan fokusnya pada guru yang mengajar dengan duduk di barisan paling depan di kelasnya, serta mengamati pengajaran dari guru dengan seksama.

Anak tipe ini akan sangat mudah memahami informasi ketika diajarkan dengan menggunakan peta, gambar, skema, tabel atau bahkan siklus. Anak dengan gaya belajar visual cenderung rapi dan terorganisasi, serta teliti dalam menangkap informasi secara mendetail.

Dikutip dari situs prudentschool.sch.id



Keterangan
Annisa
Hanif
Catatan
kebutuhan melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau memahaminya




Annisa ceklis Visual lebih banyak...

memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna

memiliki pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik

memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung
_

terlalu reaktif terhadap suara
_

sulit mengikuti anjuran secara lisan
_
_

seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan
_
_

Cenderung melihat sikap, gerakan, dan bibir guru yang sedang mengajar

Bukan pendengar yang baik saat berkomunikasi

_

Saat mendapat petunjuk untuk melakukan sesuatu, biasanya akan melihat teman-teman lainnya baru kemudian dia sendiri yang bertindak


Tak suka bicara didepan kelompok dan tak suka pula mendengarkan orang lain. Terlihat pasif dalam kegiatan diskusi

Kurang mampu mengingat informasi yang diberikan secara lisan


Lebih suka peragaan daripada penjelasan lisan


Dapat duduk tenang ditengah situasi yang rebut dan ramai tanpa terganggu

_
_

Total Ceklis
11
8






Tidak ada komentar:

Posting Komentar