Jumat, 15 September 2017

Lebit Dekat Dengan Institut Ibu Profesional Yang Dulu Sempat Aku Abaikan



Buat saya berkenalan dengan Institut Ibu Profesional (IIP) adalah anugerah yang dulu sempat terabaikan. Saat tinggal di kota Bandung dengan sarana dan prasarana sangat mendukung untuk mendekat dan belajar di IIP saat itu sangat terbuka lebar. 

Pernah satu kesempatan berada dalam satu lokasi yang sama dengan Bunda Septi Peni Wulandari (Founder IIP). Sayang tak ada rasa antusias untuk menambah ilmu dan memperbaiki diri, padahal saya masih banyak kekurangan dalam menjalankan peran hidup sebagai pribadi, istri dan ibu. 

Rasa antusias juga semangat untuk belajar itu ternyata mahal harganya. Barulah saat saya pindah domisili ke kota Bontang Kalimantan Timur, dimana semua sarana dan prasarana sangat terbatas untuk belajar, seperti tak ada toko buku yang memadai, besarnya ongkos kirim jika membeli buku lewat jalur Onnline serta langkanya acara-acara seminar. Justru dalam keadaan ini semangat dan antusias untuk belajar tengah menjak tinggi. Satu hal yang saya syukuri adalah jaringan wifi yang sangat deras memasuki rumah, hingga saya bisa dengan leluasa berselancar tentang berbagai hal. Barulah dari sana saya mendaftar untuk ikut program martikulasi bacth #3 . Yap, atas izin suami semua menjadi terasa mudah. 


Akhirnya akhir bulan Februari 2017 saya mulai masuk kelas Matrikulasi IIP  selama 3 bulan lamanya. Di sela-sela materi kita diharuskan mengerjakan tugas yang kami sebut Nice Homework yang disingkat sebagai NHW. Setiap seminggu sekali harus setor dan mengumpulkan maksimal Hari Ahad Pukul 16.00 WITA. Tugas NHW dapat dikumpulkan di blog, note facebook atau di google doc dan setiap tugas disertakan hastag #NHW. Nah.. dengan hastag ini suami saya sempat cemburu, karenabeliau kira NHW itu singkatan sebuah team nasyid yang dulu salah satu personilnya sempat dekat dengan saya. Ah, suami ada-ada saja 🙈🙈🙈

Belajar di IIP ternyata membuat banyak perubahan dalam diri dan cara pandang saya kan kehidupan ini. Alhmdulillah, saya semakin semangat belajar bersama teman-teman se-kalimantan terutama teman-teman wilayah Bontang yang selalu saling support dan saling mengispirasi.
Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan IIP
*Menyadari bahwa seorang ibu adalah madrasah pertama & utama untuk anak-anaknya, oleh karena itu dibutuhkan keterampilan  mempersiapkan diri untuk menjadikan seorang ibu sebagai "Agen Perubahan" *.

Komunitas "Institut Ibu Profesional" (IIP) adalah komunitas pemberdayaan wanita untuk meningkatkan kualitas para bunda maupun calon bunda. Ada banyak ilmu yg harus dikuasai supaya dapat menyiapkan generasi terbaik di masa depan.

Berawal dari kepedulian Bunda Septi terhadap peningkatan kualitas kaum ibu di Indonesia, maka terlahirlah Institut Ibu Profesional. INSTITUT IBU PROFESIONAL (IIP) adalah komunitas para ibu yang memiliki kepedulian tinggi terhadap peningkatan kualitas hidup berbangsa dan bernegara melalui pendidikan anak dan keluarga. Keluarga adalah pondasi utama dari suatu negara. Apabila suatu negara terdiri dari kumpulan keluarga yang berkualitas, maka otomatis negara tersebut akan menjadi negara yang berkualitas pula. Sedangkan seorang Ibu adalah pilar utama dari sebuah keluarga. Dia akan sangat menentukan baik buruknya sebuah keluarga. Seorang Ibu yang cerdas akan mengeluarkan output berupa keluarga yang cerdas pula. Sedangkan seorang ibu yang apa adanya akan mengeluarkan output berupa keluarga yang apa adanya juga. 

 
Oleh karena itu pendidikan bagi seorang Ibu sangatlah penting. Karena dapat dikatakan bahwa seorang ibu secara tidak langsung adalah pilar utama sebuah negara.
Institut Ibu Profesional berusaha mewujudkan sosok ibu profesional tersebut dengan cara membekali para Ibu dengan ilmu-ilmu parenting, edukasi, psikologi, komunikasi, kesehatan, keuangan dll. Ibu Profesional adalah seorang pembelajar sejati yang tak pernah berhenti belajar memperbaiki diri. Guna mewujudkan sosok pembelajar sejati ini Institut Ibu Profesional mengadakan perkuliahan dan kegiatan sebagai berikut :

Kelas Fondation
Kegiatan Pengenlan IIP lebih dekat

Kelas Matrikulasi
kelas pernajaman dasar tentang belajar dan adab menutut ilmu ini adalah untuk mendapatkan materi yang utuh dan terarah dari komunitas Ibu Profesional.

Bunda Sayang
Kegiatan dalam mengembangkan materi, teknologi, metode, peralatan dan pelatihan dalam melatih dan mengembangkan ketrampilan dasar anak . Kegiatan ini berupa kuliah rutin seminggu sekali. Kuliah berupa pembekalan Ilmu dan ketrampilan dasar dalam mendidik anak seperti belajar membaca dengan gembira, matematika yang mudah dan menyenangkan, mengaji dengan sukacita, megembangkan kreativitas anak, pola komunikasi yang sehat, bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Bunda Cekatan
Kegiatan dalam mengembangkan materi, teknologi, metode, peralatan, dan pelatihan dalam mengembangkan potensi diri perempuan sebagai individu, ibu, dan istri. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam mengelola rumah tangga seperti menata rumah yang sehat, menyusun menu 10 hari, safety riding/safety driving, berinternet secara sehat, dan lain-lain.

Bunda Produktif
Kegiatan dalam mengembangkan potensi ekonomi para perempuan melalui pelatihan, pengadaan sarana, jaringan, dan pendanaan. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam mengelola financial keluarga dan kewirausahaan. Para ibu akan membangun jejaring ekonomi sehingga dapat mandiri secara financial.

Bunda Shalihah
Kegiatan dalam menumbuhkan karakter dan profesionalitas para perempuan/ibu. Pembekalan Ilmu dan ketrampilan dalam meningkatkan kualitas spiritual. Para ibu akan didorong untuk bersedekah ilmu secara lebih intensif.

Komunikasi Ibu Profesional
 Video
 Majalah
 Website (www.ibuprofesional.org dan FB : Institut Ibu Profesional)
 Televisi
 Radio
 Radio komunitas
 Dll

Sifat Organisasi
Terbuka dan tidak SARA. Tidak berpihak pada partai dan aliran politik

Kebijakan Dana
Dana diperoleh dari sumber-sumber yang sah, halal, baik dan tidak bersyarat mengikat:
Kegiatan Produktif
• Training/Seminar/dll
• Event
• Konsultansi
• Majalah/Buletin
• Video
• Informasi
• Sarana dan Alat Pendidikan
• Merchandise
• Dll

Semua kegiatan Institut Ibu Profesional ini dilaksanakan dari, oleh dan untuk para ibu. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas para ibu khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kami mengajak semua kaum Ibu di Indonesia untuk mengakselerasi hidup dengan cara bergabung bersama kami, belajar bersama-sama untuk memperbaiki diri dan keluarga.
Mari menjadi profesional dengan peran yang sudah Allah SWT amanahkan pada kita, semoga Allah selalu memudahkan langkah kita untuk menjadi pribadi, istri dan ibu yang lebih baik.
Bontang, September 2017


Referensi:
http://ibuprofesional.blogspot.co.id/2012/03/mengenal-institut-ibu-profesional.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar