Minggu, 10 Desember 2017

Ada Matematika Dalam Air


Day 14
==============================
Dalam sebuah teori tentang Air memaparkan bahwa Air merupakan zat esensial bagi kehidupan. Air dengan rumus kimia H2O adalah benda tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa yang diperlukan oleh semua kehidupan di bumi agar mereka dapat bertahan hidup.
Air merupakan zat kimia yang berada dalam bentuk cair pada tekanan biasa dan pada suhu kamar. Dengan rumus kimia H2O berarti setiap molekul air mengandung 2 atom hidrogen dan satu atom oksigen. Hubungan terjadi antara elektron-elektron yang membentuk bagian luar atom dan merupakan mata rantai kuat yang dinamakan ikatan kovalen.
Molekul air dapat diuraikan menjadi unsur dasar dengan mengalirkan arus listrik. Proses ini dikenal sebagai elektrolisis, yaitu penguraian dua atom hidrogen penerima elektron dan membentuk gas H2 pada katoda, sementara empat ion OH bergabung dan membentuk gas O2 (oksigen) pada anoda.
Gas-gas ini membentuk buih dan bisa dikumpulkan.
Air juga merupakan bagian pelarut paling universal. Ini disebabkan molekul air terdiri dari dua atom hidrogen bergabung dengan satu atom oksigen pada sudut 105o. Struktur ini menjadikan molekul air mempunyai muatan positif di sebelah atom hidrogen dan negatif di sebelah atom oksigen.
Oleh karena itu, molekul air adalah dwi kutub. Secara alami air mengandung berbagai macam zat yang larut di dalamnya seperti unsur-unsur hara yang sangat berguna bagi tumbuhan dan garam-garam mineral yang diperlukan bagi kehidupan semua organisme termasuk manusia.
Dengan sifat seperti ini air merupakan suatu sumber daya alam yang sangat penting di planet bumi. Semua kehidupan di planet bumi ini memerlukan air, tetapi manusialah yang merupakan mahluk pengguna air terbesar.
Berikut ini salah satu sifat air yang Hanif dan Annisa telaah dan praktekan.
AIR MELARUTKAN DAN TIDAK MELARUTKAN
Air mempunyai sifat dapat melarutkan beberapa zat, namun ada ternyata ada beberapa zat yang tak bisa larut. Hanif dan Annisa mencoba mempraktekannya dengan memasukan terigu, minyak dan pewarna makanan dalam masing-masing gelas berisi air. Setelah terigu, minyak dan pewarna dilarutkan ternyata hanya terigu dan pewarna yang larut. Sementara minyak tetap diatas tidak larut dan merubah warna air.



https://www.facebook.com/feli.mulyani/videos/pcb.10210702252100342/10210708534777405/?type=3&theater


Tidak ada komentar:

Posting Komentar