Senin, 04 Desember 2017

Pintar Matematika Juga Bisa Menjadi Ahli Robotik

Tantangan Day12
===============================

Kidz zaman now selalu menantang diri untuk melakukan hal-hal yang baru. Ditunjang juga dengan kecangihan teknologi dan informasi yang membuat mereka makin luas wawasannya, makin cepat belajar, makin cepat memahami sesuatu sehingga mereka terfokuskan untuk praktek dan melakukan sesuatu sesuai dengan bakat dan minat mereka. Mengenal minat dan bakat anak lebih dini adalah lebih baik, sehingga mereka bisa langsung fokus melatih dan mengasah kemampuan mereka.

Salah satu kegiatan yang menarik anak-anak zaman now adalah membuat robot. Yang saat ini sasarannya sudah semakin luas karena anak TK zaman now sudah bisa membuat robot sendiri. Aktivitas menyusun dan membuat robot sekilas seperti bermain-main bongkar pasang sesuatu. Namun jika kita telaah kembali banyak sekali melibatkan mata pelajaran matematika, science dan teknologi, fisika, desain, Mekanika, Elektornika, dan Pemrograman didalamnya.

Berikut pemaparannya :

1. Kaitannya dengan Matematika :
Menggunakan sistem bilangan dan bentuk persamaan atau perbandingan untuk menyajikan kondisi kondisi tertentu. Menghitung, mengukur dan mengestimasi untuk menyelesaikan suatu masalah.
Penerapan konsep dasar dari aljabar, geometri, teori kemungkinan (probabilitas) dan statistic.

2. Kaitannya dengan Science dan Teknologi :
Pengetahuan tentang sistem robotika. Pengetahuan fungsi-fungsi sensor dan motor.

3. Kaitannya dengan Komputer dan pemrogramman. 

4. Kaitannya dengan Fisika : 
Penerapan rumus kecepatan, percepatan, gaya dan beban.

Waw... semua mata pelajaran tumplek disana tetapi anehnya kok anak-anak bisa dan enjoy ya. Bahkan mereka betah sekali meskipun sudah berjam-jam mengerjakan project robotnya. Yap, menyusun dan merakit project robot adalah hal yang menyenangkan buat mereka.

Kuncinya belajar adalah senang dan suka!
Maka tebaran manfaat dari sebuah ilmu akan terasa ditambah mereka terus mempraktekan semua teori dan konsep yang mereka terima.

Manfaat belajar robotik dalam melatih motorik halus anak

1. Merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah . 
2. Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
3. Meningkatkan ketrampilan Imajinasi dalam mendesain sebuah robot, karena dalam merancang robot perlu kreativitas .
4. Melatih kerjasama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya.
5. Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu projek. 

Apapun bidang yang mereka sukai, semoga semakin menambah kecerdasaan dan menjadi bekal masa depannya. Allohuma Aamiin...




Berbagai sumber.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar