Senin, 04 Desember 2017

Menjadi Koki Juga Bisa Pintar Matematika

Tantangan Games Level6
=================================




Rumit dan beratnya pelajaran matermatika di sekolah, membuat anak malas dan ogah-ogahan mempelajarinya. Sehingga anak-anak dianggap bodoh karena nilai matematikanya jelek. Padahal tanpa disadari oleh kita pelajaran matematika, sering kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai teori yang sederhana sekaligus rumit selalu kita lakukan di rumah, hanya saja kita tidak tahu dan tidak sadar bahwa semua itu begian dari pelajaran matematika.

Hal keseharian kita yang berhubungan langsung dengan pelajaran matematika, salah satunya saat kita memasak. Yap, benarkah dalam memasak kita belajar juga matematika? Mari kita kupas apa saja unsur-unsur matematika dalam memasak:

1.Konsep identifikasi : Sebelum memasak tentukan dulu, mau memasak apa lalu pastikan sudah sesuai dengan resepnya. Misal jika ingin membuat masakan tentukan dulu bahannya apa juga bumbunya apa saja. Atau saat membuat kue perlukah membuat kue pakai tepung tapioka atau tepung terigu.
2.Konsep hitungan : Dengan resep yang ada maka kita harus mematuhinya, agar masakan yang kita buat rasanya enak dan lezat karena sudah teruji. Disini anak-anak belajar menakar, menimbang dan menghimpun.
3.Konsep bentuk : Mengenal konsep bentuk benda-benda yang ada di dapur, lalu mengklasifikasikan barang-barang apa saja yang menunjang kita saat memasak.
4. Konsep Konduksi : Mengenal konsep perpindahan panas dari api, menuju panci lalu menghantarkan panas ke makanan sehingga makanan tersebut akan masak.
5.Konsep sekuensi : Dalam resep selalu ada tahapan-tahapan yang harus dilewati saat meracik bahan. Jika ada tahapan yang terlewat bisa dipastikan makanan tidak akan sesuai dengan resep yang diikuti.
6. Konsep waktu : Makanan yang dimasak memiliki tenggat waktu tertentu, agar makanan matang merata. Dan pas saat dihidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar