Sabtu, 03 Februari 2018

Nyala Api Kehidupan

Menjadi Fasilitator #2

Tidak pernah ada kata SIAP dan SEMPURNA untuk menjadi seorang fasilitator namun, saya menjadikan semua ini adalah TANTANGAN yang harus dilewati dalam proses belajar dan berbagi.

Memfasilitasi berasal dari kata bahasa Inggris “Facilitation” yang akar katanya berasal dari bahasa Latin “facilis” yang mempunyai arti “membuat sesuatu menjadi mudah”. Dalam Oxford Dictionary disebutkan :”to render easier, to promote, to help forward; to free from difficulties and obstacles”. Secara umum pengertian “facilitation” (fasilitasi) dapat diartikan sebagai suatu proses “mempermudah” sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu. Dapat pula diartikan sebagai “melayani dan memperlancar aktivitas belajar peserta pelatihan untuk mencapai tujuan berdasarkan pengalaman”. Sedangkan orang yang “mempermudah” disebut dengan “Fasilitator” (Pemandu). 

 setelah melewati serangkaian materi, pengodokan untuk menjadi fasilitator matrikulasi batch 5, Alhmadulillah tiballah pengumuman kelulusan itu.







Alhamdulillah lulus dengan memuaskan, semoga saya bisa mengampu tugas, mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya. Allohum Aamiin.

#Day2
#FasilTertantang
#PerjalananMenjadiFasil
#NyalaApiKehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar