Minggu, 04 Februari 2018

Memanen Kangkung, Memanen Hikmah


Pengalaman yang sangat mengesankan buat kami, para ibu pembelajar di komunitas Ibu Profesional Bontang bisa memanen kangkung tanpa menanamnya dulu hehe. Bersama anak-anak, kami turun langsung ke bedeng, bersentuhan dengan tanah lumpur serta binatang-binatang yang hidup disekitaran bedeng membuat kami senang sekaligus geli. Basah, kotor tak masalah karena dengan begitu kita belajar sesuatu. Sejenak merasakan kerja keras para petani dalam memanen kangkung yang sudah ditanam oleh petani, beruntung jika mereka bisa sampai pada proses memanen karena sebenarnya hama-hama binatang sudah "mengintai" tanaman para petani.  


Ditemani terik matahari dan bermandikan keringat kami tetap semangat memanen kangkungnya. Berharap bisa bawa pulang banyak-banyak ke rumah, sesekali kami saling berceloteh untuk menjadikan kangkung ini Tumis kangkung, Cah kangkung, Gado-gado, Urap, Mie goreng masak kangkung meskipun kami tidak yakin bisa memasak dan menghabiskan semua. Setelah itu ada yang berceloteh "sekalian aja open order, buka warung masakan". Sekalian saja kita jadi bandar kangkung, karena harga kangkung di Bontang ini lumayan, satu ikat kangkung 5 ribu bahkan jika memang lagi susah panen 7rb sampai 8rb.

So fantastic! Kami yang pernah hidup di tanah Jawa dengan harga-harga sayur yang MURAH MERIAH kadang suka merengut tapi mau tak mau kami harus berdamai dengan harga yang sesuai dengan kultur kota ini. Tanah dan airnya tak sebagus tanah di Jawa hingga para petani harus melakukan trik khusus agar sayuran bisa tumbuh di "Kota Khatulistiwa" ini.
Kami berharap kegiatan ini, memantik semangat belajar dan mendekatkan anak-anak dengan alam, karena sejatinya alam adalah ruang kelas mereka. (Feli Mulyani)

#BloggerAward
#IbuProfesionalBontang
#Eduvacation3

5 komentar:

  1. Segar sekali kangkungnya. Pasti krezz krezz renyah dimakannya.
    Mahalnyaaa di Bontang harga kangkung Mbak...Di Jakarta 4 ribu :)

    BalasHapus
  2. Kangkung, sayur praktis kesukaan ibu-ibu yaa Mvak Feli. Saya pengeeeenn banget bisa ikut IIP di Surabaya, tapi belum ada waktu hiiiks

    BalasHapus
  3. Rujak kangkung adalah salah satu menu makanan kesukaan anak2. Waah klo kangkungnta baru dipetik pasti lebih terasa.manis...di tangerang hari Rp. 1.000/ikat.

    BalasHapus
  4. Wow... Kangkung... Saya suka saya suka... Anak saya juga suka kangkung, asal tidak pedas. Kalau ditempat saya, cocok untuk sayur mayur mbak. Jadi apa-apa tinggal petik. Kapan-kapan mau kasih lihat ahh kebun di pekarangan saya. Hihihi...

    BalasHapus
  5. seger banget bu liatnya, kangkung yang baru dipetik rasanya lebih enak. apa lagi dibuat rujak kangkung hihii

    BalasHapus