Kamis, 01 Februari 2018

Membentuk Anak Kaya

Bismillah…
Membentuk Anak Kaya
Day1


Pengalaman saat kecil orang tua selalu melarang jika saya menyimpan atau memegang uang sendiri, apalagi dalam jumlah yang besar. Takut hilanglah, takut dicuri oranglah atau takut kelupaan nyimpan. Kata-kata itu yang terus digelontorkan, ternyata bukan saya saja yang mengalami teman-teman pun sama. Merasakan uang yang “dijatah” setiap harinya, lalu biasanya uang saku yanng didapat hari itu langsung ludes dibelikan macam-macam keinginan karena yakin besok akan dapat lagi. Lalu para orang tua selalu menekankan pada anak kalau soal uang itu adalah soal orang dewasa, karena uang itu susah didapat maka jika anak-anak yang memegangnya mereka akan menyalahgunakan uang tersebut.
Ternyata menurut sebuah penelitian yang MENYARANKAN anak-anak sebaiknya mulai dikenalkan pada UANG dan pengelolaannya sedini mungkin. Usia 3 tahun sudah bisa diajarkan memegang dan menglola uangnya sendiri.  Yap, dikutip dari Money As You Grow  anak usia 3-5 tahun paling tidak  anak sudah dikenalkan dengan mentalitas keuangan yang benar yaitu :
1.        Kita membutuhan uang untuk membeli barang
2.        Kita harus bekerja untuk menghasilkan uang
3.        Kita harus menunggu sebelum bisa membeli sebuah barang
4.        Bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan
Jika semua keinginan mereka mudah diwujudkan, mereka akan menganggap orang tua adalah mesin ATM mereka yang siap mengelontorkan uang saat mereka memerlukannya. Padahal kan tidak semudah itu, maraknya pencurian, maraknya korupsi bisa jadi karena sejak kecil mereka tidak diajarkan pendidikan financial hingga tak bisa membedakan mana “uang ku dan mana uang mu”.
Pelatihan tentang kecerdasaan finansial sejak dini ini diupayakan agar anak-anak akan terbentuk kecerdasaan anak dalam keuangan sejak dini dan akan menjadi langkah awal menuju kesejahteraan mere dan membentuk mereka menjadi  anak kaya. Agar terprogram di dalam bawah sadarnya bahwa untuk mendapatkan segala sesuatu yang saya inginkan itu gampang dan anak-anak tidak menjadi menjadi rapuh dalam banyak hal di masa mendatang.

 #Day1
#KuliahBunsayIIP 
#Tantangan10Hari
 #Level8 
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
 #CerdasFinansial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar