Selasa, 21 November 2017

ALIRAN RASA GAMES #5 “STIMULASI MEMBACA”



Membaca menurut wikipedia adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Kegiatan membaca meliputi membaca nyaring dan membaca dalam hati. Itulah sebabnya mengapa Allah SWT memerintahkan kita untuk membaca sesuai dengan Al-quran Surat Al-Alaq.

Namun entah bagaimana awalnya kegiatan membaca ini sering kita tinggalkan dan abaikan! Kebanyakan kita memilih menjadi penonton pasif yang menerima segala hal informasi dengan mentah-mentah tanpa ditelaah dan diobservasi terlebih dahulu. Sehingga semakin bermunculan berita-berita hoax yang tersebar dengan mudahnya, akibatnya semakin banyak orang yang terugikan dengan pemberitaan tersebut. Maka membaca, menelaah dan mengobservasi suatu berita haruslah kita lakukan mencegah hal-hal yang akan merugikan kita dikemudian hari.

Kenapa kita malas membaca?

Sebagian dari kita mendapatkan kekeliruan dalam stimulasi tentang membaca, kita menganggap belajarmembaca adalah pekerjaan anak-anak usia sekolah. Saat lulus dari sekolah maka kewajiban belajar membaca bebas juga padahal tidak begitu! Sehingga kebanyakan dari mereka adalah BISA membaca namun tidak paham maksud dan tujuan dari sebuah bacaan tersebut.

Sebenarnya proses belajar membaca ini bukanlah proses yang bisa dilalui hanya dalam satu atau dua bulan, tiga puluh atau enam puluh jam seperti yang diiklankan buku-buku dan tempat kursus membaca. Proses belajar membaca di mulai sejak anak berada dalam kandungan. 

Yap, dari awal kandungan sebenarnya proses pendidikan anak sudah mulai berlangsung, lalu dipertajam kembali dengan stimulasi-stimulasi membaca. Anak belajar dari pengalamannya melihat ,menilai, dan meniru. Kebiasaan orang tua sehari-hari bisa menjadi perilaku yang di contoh anak. Jika orang tua suka membaca buku maka kebiasaan ini bisa dicontoh anak. Anak akan terdorong untuk suka membaca juga. Menanamkan kebiasaan membaca penting untuk perkembangan anak menuju tingkat kedewasaan yang lebih tinggi.

#AliranRasa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar