Rabu, 08 November 2017

Merasa Buntu Karena Bisnis Tidak Maju!

 
Pertengahan tahun 2017 kemarin saya merasa stuck dengan bisnis yang saya jalani. Bisnis yang sedang dijalankan adalah bisnis makan, saya bersama suami membuat brand sendiri dan mengelola serta menjajakan sendiri hingga berjalan sekitar 3 tahun lamanya. Sudah memiliki pelanggan dan reseller tetap yang menjual produk saya ke beberapa sekolah dan kampus di Bandung.

Namun ternyata saya harus berpindah domisili, mengikuti suami yang ditugaskan baru oleh perusahaan yang baru saja beliau masuki. Karena saya tidak melakukan sistem franchise dan tidak ada yang bisa meneruskan akhirnya dengan terpaksa saya tinggalkan. Bismillah meski dengan berat hatnamun sebagai istri prioritas saya adalah mengabdi pada suami, yang mengajak saya turut menemaninya bekerja di luar pulau Jawa.

Tiga bulan berlalu saya merasa ingin berbisnis sesuatu, sebagai kegiatan mengisi waktu luang saat menunggu anak-anak dan suami pulang ke rumah. Akhirnya saya berjualan kaos anak dan karpet lipat via online, karena saya merasa dulu pernah punya pengalaman bisnis jadi pede ajah menjalankan bisnis yang sekarang. Namun ternyata bisnis offline dan bisnis online itu tidak sama, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemasukan bisnis online tidak mengeliat seperti bisnia offline, terbersit pertanyaan apa yang salah ya? Sudah buat Fanpage, IG lalu ngiklan sepajang waktu tetap aja segitu-gitunya.


Dengan izin Allah saya melihat sebuah iklan "Kelas Status Cantik Bacth 1" mentornya Teteh Winny Mufiani Lukman. Waah, apa ini pelatihan buat iklan tapi enggak berasa ngiklan begitulah tagline yang membuat saya tertarik. Akhirnya saya beranikan diri mendaftar! Materi demi materi luar biasa yang saya dapatkan di kelas fb dan grup WA membuat saya semakin bertumbuh. Ditambah lagi dengan teman-teman seperjuangan yang semakin mantap untuk branding diri, mengedukasi daripada mengiklan secara langsung. Semakin mantap dengan dunia iklan lewat tulisan, saya pun mengupgrade diri saya mengikuti Kelas Gampang Artikel yang dimentori Miss Juli dan kemarin saya mengikuti Kelas Biografi yang langsung dmentori Teteh Indari.


Materi demi materi yang diikuti dari Komunitas Joeragan Artikel ini menemani dan menempa saya menjadi wanita yang semakin baik dan percaya diri serta berani berkarya juga bisnis semakin lancar.
Namun tidak puas sampai di sini. saya semakin haus ilmu dan pengembangan diri dalam berbisnis dan berkomunitas sesama perempuan yang Allah kanuniakan kelebihan padanya. Karena wanita sesibuk apapun mengurus urusan domestik namun teteap bisa istimewa ketika dia berusaha mengupgrade dirinya dengan terus belajar dan berkarya!



#ReveiwJA
#Challenge3
#PasukanBlogerJA 

23 komentar:

  1. Keren ternyata alumni ksc pertama ya
    PJ nya sapa mbak waktu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Winny

      dan yang lebih bangga saya satu grp dengan Mak Chery dan Mak Hera Budiman mereka sekarang lebih cetar..

      Hapus
  2. Kelas status cantik benar-benar membantu para pebisnis ternyata :) kerren...

    BalasHapus
  3. Kelas status cantik benar-benar membantu para pebisnis ternyata :) kerren...

    BalasHapus
  4. JA bukan saja komunitas Penulis,tapi juga menggandeng pebisnis

    BalasHapus
  5. JA sudah berjasa dalam mewujudkan perempuan perempuan yang hebat baik dalam menulis maupun berbisnis

    BalasHapus
  6. Semoga ilmu yang didapat dari JA bermanfaat ya mbak

    BalasHapus
  7. Eaah krten KSC pertama. Hormat, kak hehehe

    BalasHapus
  8. Banyak yang me-revoew, KSC, jadi penasaran aku

    BalasHapus
  9. Juragan Artiel ternyata telah banyak "mengubah" hidup para emak. Semoga sukses terus.

    BalasHapus
  10. KSC batch 1 pesertanya memang membludak, PJ-nya senang karena sibuk :)
    Semoga bermanfaat, ya

    BalasHapus
  11. Ikut senang bisnisnya lancar kembali setelah gabung dengan JA. JA emang amazing... 😍

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah.. Jadi bisa promosi cantik dengan tulisan ya mba.. 😉😉

    BalasHapus
  13. Wahhh ini... Ga bisa cuma nunggu suami dan anak pulang ya mbk?? Semoga sukses kedepannya ya mbk!

    BalasHapus
  14. Wah, sepertinya kita sekelas dulu mak. Tapi beda PJ ya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah kah Mba kita seangkatan, senengnya tapi mba bety lebih keren dari saya nih.. semoga semangatnya menular ya

      Hapus