Rabu, 22 November 2017

IIP Bontang Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Pada Anak



Pada hari Minggu, 19 November 2017, bertempat di Lapangan Bessai Berinta, Lang-Lang, Kota Bontang, Institut Ibu Profesional (IIP) Kota Bontang mengadakan acara mendongeng dan membaca. Acara ini ditujukan bagi anak-anak dan orang tua yang sedang berada di area tersebut, serta memiliki ketertarikan pada dunia parenting dan pendidikan anak.

Acara yang bertajuk "Tangkis! Kekerasaan Seksual Pada Anak" ini merupakan salah satu kegiatan Divisi Offline yang dimiliki oleh komunitas IIP Kota Bontang. Tujuannya selain untuk menggiatkan aktifitas literasi di kalangan anak-anak Kota Bontang, juga untuk mengkampanyekan pencegahan kekerasan seksual pada anak.
 


Karena seperti yang kita ketahui bersama, kekerasaan seksual pada anak usia sekolah di Indonesia, saat ini terus meningkat tajam. Ditambah lagi, masih banyak dari para korban ini yang tidak berani memberitahukan kepada orang tua, dengan alasan bingung, takut dimarahi, atau malu. Oleh sebab itulah, IIP sebagai salah satu komunitas tempat berkumpulnya para ibu, merasa perlu menyuarakan hal ini agar makin banyak orang yang tergugah untuk peduli dan mengerti bahwa kekerasan seksual pada anak bukanlah hal yang jauh dari kehidupan kita semua. 




Acara tersebut, diawali dengan mengelar pameran kreasi mainan kardus dan Perpustakaan kecil, dimana para pengunjung terutama anak-anak bisa membaca dan memainkan kreasi-kreasi mainan kardus karya IIP Bontang. 


Setelah itu, dilakukan pemaparan tentang pencegahan kekerasan seksual dengan judul  “Jagalah Tubuhmu”, yang dilakukan oleh Koordinator Divisi Offline IIP Kota Bontang, Dina Riandani. Pemaparan ini disertai dengan menyanyikan lagu “Mengenal Sentuhan” yang diciptakan oleh psikolog dan pemerhati anak, Elly Risman, Psi.

Menurut Dina, kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa menjadi langkah preventif untuk menimbulkan kesadaran bersama, serta secara signifikan menekan angka kekerasan seksual pada anak.[Feli]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar