Kamis, 09 November 2017

Mereka Membaca Mereka Semakin Banyak Bertanya



Day 15
===========================

Terkadang para orang tua termasuk saya 😅, suka sekali tidak kuat menghadapi berondongan pertanyaan dari anak hehe Jadinya kita cenderung menghindar bahkan sampai membentak mereka :(

Sebenarnya para orang tua bukan tidak mau berdekatan dengan anak-anak hanya saja terkadang, anak-anak sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang terkadang rumit. Seperti hari ini, saat saya mengajak anak-anak ke pasar dalam perjalanan mereka melontarkan berbagai pertanyaan.

"Apa bedanya rumah sakit biasa sama rumah sakit jiwa?"

"Ummi kenapa matahari panas?"

"Kenapa kita kalau sedang di jalanan tidak boleh menyalip atau memotong jalur orang lain?"

"Ummi kenapa masak itu harus pakai api baru masakan mateng?"

Nah loh... pertanyaannya terdengar simple namun bikin keder haha..

Keinginan untuk menghentikan dengan membentak mereka agar diam sering muncul namun saat ini saya keliru besar jika masih melakukannya. Menghentikan anak bertanya sama juga dengan menghentikan semangatnya belajar!

Jika anak-anak sudah dimentahkan semangatnya dalam belajar maka mereka akan tumbuh menjadi generasi yang tidak suka mencari ilmu dan memiliki sikap apatis terhadap diri dan lingkungannya. Padahal anak-anak sejatinya memiliki Intuisi belajar sangat tinggi sejak lahir. Karena Allah SWT sudah menginstalkan program Intellectual Curiosity (Rasa ingin tau yang luar biasa) dalam jiwa anak-anak maka perlu direnungkan oleh kita jika hari ini masih mendapati anak-anak yang tidak mau belajar.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar