Senin, 12 Juni 2017

Poin: I'm responsible for my communication results



Komuikasi itu adalah kata-kata yang rumit jika dijabarkan, namun tanpa sadar setiap saat kita mempraktekannya. Seperti berkomunikasi dengan diri sendiri, pasangan, anak-anak dan orang lain. Seringnya kita mengabaikan untuk selalu mengupgrade kemampuan komunikasi kita sehingga terjadi kesalahan pahaman yang tadinya sepele menjadi masalah besar dan meluas. Menurut wikipedia Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain".[1].







 Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.[butuh rujukan] Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.[butuh rujukan] Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.[2] Komunikasi berhasil jika pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik, arah yang jelas dan tepat sasaran.
Saat ini saya merasa belum menjadi komunikator yang baik pada pasangan dan anak-anak, karena masih banyak kalimat-kalimat yang tidak produktif dan cenderung negatif yang selalu keluar dari mulut saya, Astagfirullah! Saya ingin membenahinya dengan sebaik-baiknya agar pasangan dan anak-anak merasakan juga indahnya berkomunikasi produktif.



#level1
#Day11
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar